Resep Kue Pukis yang Manis dan Lezat

Resep Kue Pukis yang Manis dan Lezat – Baru – baru ini kebayaeliza.com mendengar beberapa orang mengatakan bahwa resep kue pukis itu sebenarnya berasal dari Banyumas, karena memang disanalah kerap terlihat gerobak kue pukis di pinggir jalan.

Baca juga: Resep kue bawang renyah dan gurih

Gerobak tersebut biasanya menjual kue tradisional tersebut dengan menambahkan tulisan dari asal daerah itu. Karena itulah membuat kue tersebut menjadi kue tradisional yang khas dan digemari oleh semua orang. Apalagi bila disantap selagi masih hangat, maka kue ini akan lebih terasa empuk dan lembutnya.

Belum lagi masih ada juga tambahan taburan toping, misalnya saja seperti nangka, keju, meises, dan susu cokelat, semuanya menjadi terasa enak. Apalagi bila semuanya tersebut dikombinasikan menjadi sebuah varian dan cita rasa yang baru. Sehingga, hal ini memunculkan sebuah inovasi terbaru yang membuat semua orang menjadi tidak mudah bosan dengan rasa kue yang satu ini.

Karena, bisa dibilang bahwa sebenarnya kue ini hamper mirip sama seperti martabak manis. Karena kue pukis ini juga mempunyai banyak varian rasa, meskipun cara pembuatannya sudah jelas berbeda. Proses pembuatannya tersebut bisa dibilang mudah. Sehingga, Anda bisa dengan mudahnya mencoba sendiri di rumah dan mempersiapkan semua bahan – bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu.

Resep Kue Pukis

Resep Kue Pukis yang Manis

Bahan – Bahan Membuat Kue Pukis

  • Gula pasir sebanyak 100 gram.
  • Santan sebanyak 180 ml.
  • Telur ayam sebanyak 3 butir.
  • Tepung terigu sebanyak 150 gram.
  • Ragi instan sebanyak ½ sendok makan.
  • Air hangat sebanyak 60 ml.

Bahan taburannya bisa dikombinasikan sesuai dengan selera Anda. Bisa dengan menggunakan parutan keju, meses cokelat atau meses aneka rasa dan aneka warna, nangka, kacang tanah, kismis, dll. Anda bisa memilihnya disesuaikan dengan selera Anda.

Cara Membuat Kue Pukis


  1. Rebuslah santan terlebih dahulu sampai mendidih. Namun sembali dimasak atau direbus, jangan lupa untuk mengaduk – aduk santan yang dimasak tersebut, supaya nantinya santan tidak pecah.
  2. Setelah santan mendidih, maka segera angka, dan diamkan.
  3. Campurlah air hangat dengan ragi sambil diaduk – aduk sampai adonanya berbuih.
  4. Kocoklah telur dan jangan lupa untuk menambahkan gula pasir.
  5. Kocok terus sampai adonannya menjadi mengembang dan juga mengental.
  6. Sekarang, masukkan tepung terigu ke dalam adonan tersebut sedikit demi sedikit sambil diaduk – aduk.
  7. Masukkan kembali air larutan tersebut dan aduk – aduk kembali sampai adonannya menjadi tercampur merata.
  8. Sekarang, tuangkan santan ke dalam adonan tersebut sambil diaduk – aduk sampai tercampur rata, dan diamkan. Setidaknya selama 15 menitan.
  9. Panaskan bagian cetakan pukit tepat di atas api yang sedang, sambil diolesi menggunakan sedikit margarin.
  10. Tuangkan adonan tersebut tepat ke lubang cetakan pukis tersebut sampai adonannya hamper penuh.
  11. Tunggulah sampai adonan setengah matang, kemudian tambahkan bahan taburan atau toping tepaat di atas adonan yang sedang dimasak tersebut.
  12. Setelah itu, masak kembali kue pukis ini sampai matang.
  13. Anda bisa melihat matang tidaknya dari bagian pinggir kue yang mulai mengering.
  14. Jika sudah, maka segera angkat dan sajikan kue tersebut.

Nah, itu tadi adalah beberapa ulasan tentang resep kue pukis yang bisa Anda jadikan sebagai sumber referensi saat Anda mencoba untuk membuat kue pukis ini secara sendirian di rumah. Karena, dari pada Anda harus membeli di luar, akan lebih baik dan lebih sehat jika Anda membuatnya sendiri di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Resep Kue Pukis yang Manis dan Lezat | Sinta Rizki Fadila | 4.5